Rabu, 27 April 2011

TAK ADA GUNA BELAJAR 3 TAHUN


Detik-detik akhir tahun pelajaran sudah diambang mata. Ujian Nasional pun sudah terlaksana sebagian. Ujian setingkat SMA dan sederajat sudah berjalan seminggu yang lalu, yaitu tanggal 18 sampai 21 April 2011. Untuk sekarang, Ujian SMP dan sederajat sedang dilaksanakan dari tanggal 25 sampai 28 April 2011, terakhir ujian untuk tingkat SD dan sederajat yang akan dilaksanakan nanti pada tanggal 10 sampai 12 Mei 2011.
Berbagai peristiwa pun terjadi selama ujian nasional berlangsung, mulai dari adanya kebocoran soal, siswa yang dapat kunci jawaban, dan lebih parah lagi guru yang membacakan kunci jawaban ketika siswa sedang mengerjakan soal. Fenomena yang terus terulang setiap tahunnya.
Berbagai alasan terlontar dari siswa maupun guru yang melakukan kecurangan. Ada yang alasannya karena takut mereka tidak lulus, ada yang sekedaringin membantu sedikit bahkan lebih lagi untuk mempertahankan citra sekolah yang memiliki catatan sekolah yang siswanya lulus semua. Apa seperti itu yang terjadi sekarang?????
Dunia pendidikan sekarang jauh dari apa yang namanya mendidik. Benar kata bijak yang mengatakan guru kencing berdiri, siswa kencing berlari. Fenomena ujian yang kerap terjadi setiap tahunnya menimbulkan pertanyaan yang menggelitik, Kalau akhirnya Ujian Akhir nasional mendapatkan kunci jawaban dari guru ataupun dari yang lainnya, untuk apa belajar susah payah selama 3 Tahun????
Mungkin tidak seluruh siswa yang melakukan kecurangan, mungkin tidak semua guru yang dengan mudah membeberkan kunci jawaban dengan alasan agar siswanya lulus. tetapi dari yang sekian banyak guru ataupun siswa yang melakukan kecurangan sudah menimbulkan citra yang buruk bagi dunia pendidikan saat ini.
Melihat peristiwa kebocoran soal, beredarnya kunci jawaban banyak orang yang meragukan sistem belajar yang terjadi sekarang. Bahkan ada yang berpendapat untuk apa capek-capek belajar 3 tahun, kalau akhirnya mendapat kunci jawaban, mending ikut Paket C saja lebih gampang tidak harus belajar sampai 3 tahun. Paket C jauh lebih menghemat waktu.
Jadi apa yang terlintas di pikiran anda sekaran???? masih ada gunakah belajar 3 tahun kalau akhirnya nanti di ujian akhir nasional kunci jawaban sudah di sediakan????? ( Vie )

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Kampung Media

http://www.youtube.com/watch?v=vG8vV27O8mI. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers