Minggu, 22 Januari 2012

Rumah Kreatif Kembangkan WALL dan PLIK


Rumah Kreatif Warga Merdeka yang digagas sejumlah warga di Lingkungan Presak Timur Kelurahan Pagutan Kota Mataram, mengembangkan perpustakaan kolektif yang dinamakan WALL. Konsep perpustakaan Wide Area Linked Library (WALL) itu menjadikan areal lingkungan tempat tinggal warga sebagai perpustakaan dengan kawasan yang luas dan saling terhubung.
Selain WALL, Rumah Kreatif yang pembangunan gedungnya kini sedang berlangsung itu juga akan menyelenggarakan Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK). Sebagaimana diketahui, sejumlah PLIK yang sudah terinstalasi sebagian besar belum berjalan aktif. Salah satu PLIK yang kurang diminati masyarakat, yakni di Kantor Kecamatan Mataram, bakal dipindahkan ke Rumah Kreatif yang dikelola warga Lingkungan Presak Timur itu.
Mengenai WALL, salah seorang aktivis Rumah Kreatif Warga Merdeka Muhammad Arief, menjelaskan konsep WALL adalah konsep pendataan setiap bahan bacaan yang dimiliki rumahtangga masing-masing warga. Rumah Kreatif, kata Arief lagi, bertugas membuat database bahan bacaan milik warga untuk dimasukkan ke dalam WALL.
“Konsep ini mendorong warga untuk saling bertukar-baca dan merangsang warga untuk terus-menerus menambah koleksi buku mereka. Di Perpustakaan Rumah Kreatif tidak banyak koleksi bukunya, tapi kami memiliki database seribu sampai duaribu bahan bacaan yang ada di rumah-rumah warga,” terang Arief.
Secara berkala, warga akan mendapatkan daftar koleksi bahan bacaan (katalog) yang di database Rumah Kreatif. Dengan katalog ini warga akan mengetahui bahan bacaan apa saja yang tersedia dan berada di rumah siapa. Para pustakawan di Rumah Kreatif inilah yang akan menghubungkan pelanggan WALL dengan pemilik buku yang ada di rumah-rumah warga.
Saat ini pembangunan Gedung Rumah Kreatif Warga Merdeka sedang berlangsung. Lokasi gedung di salah satu halaman rumah warga itu menggunakan biaya swadaya warga sebesar Rp 15 juta. Rumah Kreatif juga sudah mengajukan permohonan bantuan kepada Pemkot Mataram untuk biaya pembangunan gedung dan dijanjikan bulan Maret mendatang direalisasi.
“Ya, Insya Allah bulan Maret nanti sudah cair dananya,” jelas Kabag Kesra Pemkot Mataram H Alwi sebagaimana disampaikan H Hul salah seorang Kasubag di Bagian Kesra Pemkot Mataram.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Kampung Media

http://www.youtube.com/watch?v=vG8vV27O8mI. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers