Jumat, 20 September 2013

Sosialisasi Cara Merawat Kompor GAS


Beberapa hari yang lalu, teknisi dari salah satu agen penyalur LPG di kota Mataram mengadakan survey bagi pengguna LPG. Kelurahan pagutan kecamatan merupakan lokasi survey mereka. Sayang sekali, petugas tidak mau disebut nama dan agennya, tapi tidak menjadi masalah buat kami.
   Dalam tanya jawab yang dilakukan seputar perawatan dan apa saja masalah yang sudah dialami serta penanganannya. Setelah itu baru mereka menjelaskan satu persatu bagian dan cara perawatan kompor gas. Walau sedikit mengganggu, bagi  ibu-ibu ini penting karena kompor gas katanya rawan kebakaran.
Dalam penjelasannya, kompor gas dibagi menjadi empat, tabung LPG, regulator, selang, dan kompor. Tabung sebelum dibeli diperiksa dulu apakah ada kebocoran atau tidak, ini sering terjadi dibagian ulir penyambung. Gunakan air untuk memeriksa kebocoran. Sedangkan tempat menaruhnya diupayakan menggunakan las kayu, untuk mencegah pembekuan isi LPG, sering sekali dikeluhkan pelanggan bahwa isi tabung mereka tidak sesuai, sebenarnya isinya membeku karena tempat menaruh LPG dingin.
Regulator, pemasangan  regulator tidak perlu ditekan keras ke tabung LPG, cukup masuk dan putar pengikatnya, kalau ditekan keras mengakibatkan cepat rusak bagian penghubung (pentil) regulator. Demikian juga dengan pemasangan selang, hanya olesi minyak goreng dibagian regulator dan ujung selang, tekasn sampai mentok lalu kencangkan dengan pengikatnya.
Selang, bagian ini paling sering dikeluhkan karena di gigit tikus, sebenarnya tikus memakan selang karena ada sisa makanan yang menempel di selang tersebut. Untuk itu disarankan sering-sering membersihan selang dengan menggunakan air hangat. Ini juga berguna untuk mencegah selang cepat getas, mudah putus/robek.
Kompor, bagian ini jangan sampai dibersihkan bagian permukaannya saja, pipa penyalur juga mendapat perhatian, jangan sampai menghambat saluran gas ke kompor, apabila ada bunyi bulp artinya gas balik ke tabung dan bisa mengakibatkan kebakaran.
Dijelaskan pula kalau terjadi kebocoran yang mengakibatkan kebakaran, pertama jangan panik, kedua segera putus aliran gas dari tabung gas (cabut regulator). Ada regulator yang baik yaitu regulator penyalur, regulator ini berfungsi menutup aliran gas apabila selang gas terputus. Perawatan menjadi nomor satu pencegah kebakaran

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima kasih atas informasi nya. Sangat bermanfaat dan membantu sekali.
Membersihkan Kompor Gas

Posting Komentar

Komunitas Blog Kampung Media

http://www.youtube.com/watch?v=vG8vV27O8mI. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers