Sabtu, 10 September 2011

Lebaran Topat

Sejak pagi suasana ramai sudah terasa dengan berbagai kegiatan baik dirumah-rumah mapun di surau maupun dimasjid-masjid. Ada yang melakukan zikiran dimasjid sambil serakalan disertai dengan acara ngurisang.

Sehari sebelumnya masyarakat sudah mempersiapakan ketupat maupun lontong dan berbagai makanan lain untuk menyambut lebaran topat. Disamping itu juga besok kebanyakan pasar-pasar sangat sepi, banyak pedagang tidak ke pasar untuk merayakan lebaran topat ini.

Lebaran topat dilaksanakan satu minggu setelah lebaran idul fitri, biasanya masyarakat melakukan puasa sunat sehari setelah idul fitri sampai dengan datu hari sebelum lebaran topat

Lebaran topat yang menjadi tradisi masyarakat lombok sudah ada sejak lama, biasanya masyarakat menazarkan tujuan yang akan didatangi, seperti makam-makan yang ada disekitar mataram dan lombok barat, makam loang balok, bintaro, batu layar merupakan tempat-tempat yang paling banyak dikunjungi peziarah. Kegiatan ini biasa sisebut ziarah makam. Masyarakat berziarah sambil rekreasi, lokasi ziarah makam terletak dekat dengan pantai sehingga masyarakat langsung bisa rekreasi bersama keluarga di pantai sampai membawa perbekalan yang ada.

Lokasi-lokasi sepanjang pantai dari selatan kuranji, sampai disebelah diutara sengggigi dipenuhi oleh masyarakat, hampir seluruh jalan kearah lokasi tersebut terlihat macet, jalan menuju makam loang balok di lingkar selatan yang masih dalam pembangunan jembatan diarahkan dari utara.

Berbagai kegiatan juga dilaksanakan ditempat-tempat keramaian, makam Loang Balok misalnya, pemkot mengadakan lomba masakan khas sasak, sementara disenggigi juga dilaksanakan berbagai kegiatan yang diadakan oleh pemda lobar.

Sementara disentra-sentra bisnis baik yang ada di ampenan, mataram, dan cakra terlihat lengang, toko-toko banyak tutup karena pegawainya minta libur pada hari lebaran topat. Hanya beberapa toko yang buka yang kebetulan pegawainya tidak merayakan lebaran topat. Begitu juga dengan ruas-ruas jalan utama di sepanjang kota mataram terlihat lengang.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Kampung Media

http://www.youtube.com/watch?v=vG8vV27O8mI. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers