Sabtu, 12 Oktober 2013

Rehab Rumah BKM Sami Karya


Salah satu program dari Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Sami Karya Kelurahan Pagutan Mataram adalah rehab rumah. Rehab rumah merupakan program prioritas bagi BKM Sami Karya karena masih banyak di jumpai rumah warga yang tidak layak huni, seperti dikatakan Junaidi salah satu koordinator fisik. Jumlah bantuan rehab rumah sebanyak 95 unit, 10 unit dari Dana Pembangunan Kelurahan, 60 unit dari Bazda, dan 25 unit dari BPN Provinsi NTB. Bantuan rehab ini terbagi kedalam 5 lingkungan yang ada di kelurahan Pagutan.

Salah satu warga yang menerima bantuan rehab rumah adalah inaq bolang, inaq bolang adalah janda 65 th tidak mempunyai pekerjaan tetap ini tidak memiliki rumah yang layak untuk ditempati, dengan lantai tanah, tembok pagar, dan tidak ada ventilasi udara. Setelah mengadakan rembuk dengan pemilik rumah, kepala lingkungan dan juga Ketua RT setempat, segera dibentuk panitia rehab rumah yang diketuai oleh Sukurdi selaku Ketua RT. Sementara itu, Inaq Bolang merasa sangat terharu dan bersyukur mendapat bantuan rehab ini. “Kalau mengandalkan keluarga mungkin kami tidak pernah mempunyai rumah seperti ini, kata Inaq Bolang.

Menurut Sukurdi, Ketua RT 03, “kami sudah mengadakan rembuk dengan warga RT dan sepakat untuk membantu sampai selesai pekerjaan rumah ini”. Kalau dilihat dari jumlah dana yang tersedia sebesar lima juta rupiah tentu tidak cukup, kami mencoba menghimpun keperluan seperti, bahan, tenaga dan ongkos tukang. Dimulai dengan pengangkutan material pasir secara gotong royong oleh warga, tenaga kerja membantu secara bergilir.

Kalau dilihat hasil dari rehab rumah tersebut, sebenarnya rumah tersebut bukan direhab tetapi dibongkar total oleh warga, dengan ukuran 2,6 x 6,5 m. Dengan dua buah kamar serta dilengkapi listrik. Seperti yang disampaikan Junaidi, keterlibatan warga sekitar (tetangga/warga RT) sangat diperlukan, karena kalau dilihat dari dana yang disediakan tentu minim, kami berterima kasih kepada ketua RT yang telah membantu program BKM serta kepedulian warga, lanjutnya.


0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Kampung Media

http://www.youtube.com/watch?v=vG8vV27O8mI. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers