Sabtu, 10 Desember 2011

Tidur Juga Sehat

Ini adalah konsep kesehatan modern dimana berolah raga rutin dan menjaga keseimbangan nutrisi saja tidak cukup untuk mencapai kesehatan yang optimal. Kesehatan tidur, kini justru menjadi elemen penting bagi kesehatan dan kualitas hidup seseorang.

Tidur yang sehat akan memberikan vitalitas dan kebugaran yang akan meningkatkan produktivitas seseorang. Sayang masyarakat kita masih mengabaikan kesehatan tidur. Akibatnya, tanpa kita perhatikan, masalah tidur telah memperberat, bahkan menyebabkan berbagai masalah sosial.

Lihat sekeliling kita masih banyak orang-orang yang sering merasa lelah, lamban, sulit berkonsentrasi, bahkan emosional tak menyadari masalah yang diidapnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan menambah jam tidur siswa di suatu sekolah, telah dapat meningkatkan prestasi akademis, prestasi olah raga serta menurunkan angka kenakalan remaja. Ya, manfaat tidur jelas positif bagi kesehatan, kemampuan kognitif dan stabilitas emosional.

Juga, tahukah Anda, bahwa kemampuan analisa untuk mengambil keputusan yang tepat dipengaruhi oleh tidur yang sehat? Begitu pula dengan kemauan untuk berempati, dan menerima kritik. Kualitas-kualitas yang harus dimiliki seorang pemimpin.

Sehari-hari kita juga masih melihat pekerja yang terus mengonsumsi minuman berenergi untuk meningkatkan performa. Kecelakaan kerja atau lalu lintas masih terjadi akibat kantuk serta penderita penyakit-penyakit kronis terus bertambah. Padahal ini semua bisa dicegah.

Ngorok atau mendengkur adalah kebiasaan yang dianggap biasa oleh masyarakat kita. Padahal efeknya luar biasa bagi kesehatan dan kualitas hidup seseorang. Pada anak, bahkan bisa mengakibatkan gangguan tumbuh kembang.

Atasi mendengkur, kita akan dapat mencegah terjadinya hipertensi, diabetes, penyakit jantung, obesitas, stroke hingga kematian. Dengkuran dan rasa mengantuk berlebih merupakan ciri utama dari sleep apnea, henti nafas saat tidur.

Kantuk berlebih jelas mengganggu produktivitas dan kualitas hidup seseorang. Tapi efek kekurangan oksigen juga dapat merusak bagian-bagian tertentu di otak.

(Dari berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Kampung Media

http://www.youtube.com/watch?v=vG8vV27O8mI. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers