Rabu, 19 Mei 2010

Rembuk Warga Untuk Akses Ke Media


Rembuk warga kembali dilakukan beberapa minggu yang lalu yaitu pada hari rabu (5 /5) yang diadakan di aula Kelurahan Pagutan. Rembuk warga yang diadakan oleh Somasi Yang di Koordinir oleh kader-kader lingkungan Pagutan Presak Timur ini bertemakan "Untuk Meningkatakan Kapasitas Warga Tentang Media".
Bertindak sebagai narasumber dalam rembuk warga ini adalah Pimpinan Redaksi Koran Kampung Yaitu M. Hafiz dan peserta yang mengikuti rembuk ini adalah beberapa semua Kepala RT yang ada di Presak Timur Pagutan.
Ada Beberapa pertanyaan yang muncul dari tema yang di diskusikan itu diantaranya adalah mengapa harus kuat melawan media masa, seberapa pentingkah media masa bagi masyarakat serta bagaimana cara kita agar mendapat perhatian dari media masa.
Banyak persepsi masyarakat bahwa untuk menyampaikan suatu berita dimedia masa harus mengeluarkan uang padahal tidak demikian. Media Masa cukup penting untuk beberapa hal yaitu :
1. Mempengaruhi kebijakan
2. Menarik perhatian pemerintah
3. Menjembatani permasalahan di tingkat lingkungan 
Misalnya di Presak Timur terdapat kasus kotoran hewan peliharaan dari lingkungan tetangga sebelah yang mengganggu kenyamanan masyarakat. Kasus tersebut telah berlangsung sejak 5 tahun yang telah dikomunikasikan oleh warga lingkungan Presak Timur mulai dari tingkat RT, Kepala Lingkungan, Kelurahan bahkan sampai lingkungan hidup namun sayang belum membuahkan hasil yang maksimal. Kasus tersebut sangat mungkin untuk bisa di tertibkan melalui media agar mendapat perhatian dar pemerintah.
Menurut Bapak Junaidi dan Pakaj Masnu selaku peserta menyatakan, Permasalahan tersebut telah mendapat perhatian dari PU dan LH, namun terkendala karena masalah dana. Selain masalah limbah, juga yang perlu diselesaikan segera adalah masalah saluran air yang sering mampet karena sampah kiriman dari daerah lain.
Menurut narasumber, untuk menarik perhatian pers atau media, ada yang perlu di perhatikan yaitu :
1. Mengenal watak media
2. Topik harus fresh (mengandung sifat kebaruan)
3. Terbiasa membuat surat pembaca dan mengirimkan ke media masa
4. Kepedulian Kita terhadap lingkungan sekitar kita.
Rembuk warga dirasa sangat membantu warga untuk bisa menyampaikan keluhan-keluhan yang ada di masyarakat terutama yang ada di lingkungan Pagutan.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Kampung Media

http://www.youtube.com/watch?v=vG8vV27O8mI. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers