Selasa, 07 Februari 2012

MULUD PETANGAN


Memasuki bulan Rabiul Awal, kaum muslim memperingati hari lahir Nabi Besar MuhammadSAW, seluruh masyarakat memperingati perayaan dengan berbagai cara. Masyarakat Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat diawali dengan Mulud Petangan.
Mulud Petangan atau dikenal sebagai maulid kecil diselenggarakan pada tanggal dua belas Rabiul Awal. Demikian juga seperti yang diadakan di Masjid Pusaka Al-Hamidy Pagutan Kota Mataram. Acara berlangsung cukup khidmat. Acara diawali dengan serakalan dan ngurisang, dilanjutkan dengan tausiah dan diakhiri zikir dan do’a.
Dalam tausiah yang disampaikan oleh Ust. Turaihan Azhuri, Bentuk kecintaan Kita kepada Nabi Besar Muhammad SAW dengan meningkatkan ketaqwaan kita, mempererat tali persaudaraan, dan kepedulian sesama. Peringatan ini ditutup dengan zikir dan Do’a. Pelaksanaan peringatan ini biasanya hanya diikuti oleh Jamaah masjid, tidak ada undangan luar kecuali kalau ada ustad atau kyia tuan Guru yang akan menyampaikan Tausiah.
Masyarakat juga mempersiapkan dulang, baik berupa jajan, buah, atau hidangan masakan dalam bentuk dulang (nampan dengan beberapa piring didalamnya).

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Kampung Media

http://www.youtube.com/watch?v=vG8vV27O8mI. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers