Senin, 20 Februari 2012

PLIK DI PAGUTAN MULAI BEROPERASI


Selama tiga hari masyarakat dibebeaskan alias free menggunakan internet. Peralatan PLIK yang dulunya berada di kantor Camat Mataram dapat difungsikan kembali di Kelurahan Pagutan dengan dan PT. Lintas Artha. Warga cukup puas dengan keberadaan PLIK tersebut yang dapat membantu serta sekaligus mengawasi keberadaan anak-anak mereka saat berinteraksi dengan internet.

“anak saya mudah untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya sekarang”, jawab Manir saat ditanya.

PLIK ini sendiri buka dari jam delapan pagi sampai dengan sepuluh malam, dan tutup sementara saat jam-jam sholat dan Magrib hingga Isya tutup, hal ini karena keberadaan PLIK yang berada di sebelah Masjid Pusaka Al-Hamidy Pagutan, seperti yang disampikan Hafiz pengelola PLIK tersebut. Demikian halnya dengan games, hanya diperbolehkan pada hari sabtu dan minggu.

Walau belum launching resmi, PLIK dan perpustakaan masyarakat dibawah bendera WALL (wide area linked library) sengaja dilakukan agar masyarakat lebih mengetahui apa itu rumah belajar tersebut. Lebih lanjut Hafiz dengan berapi-api banyak mengutarakan konsep WALL. Masyarakat dapat saling berinteraksi dengan buku sebagai jembatan, artinya buku yang ada dimasyarakat didata dan seluruh database buku tersebut ada di rumah belajar dan tesebar dalam masyarakat. Disamping masyarakat dapat saling bersilaturahmi / berkunjung untuk meminjam buku seperti yang tertera dalam katalog yang ada.

Saat ditanya jumlah katalog buku yang ada, lebih lanjut Hafiz menyebut bilangan sekitar seribu lima ratusan bahkan lebih, karena masih banyak buku yang ada dimasyarakat belum didata dan mengerti tentang konsep WALL tersebut.

1 komentar:

Khocet Dot Com mengatakan...

mga bsa sllu dmnfaatkan dg maksimal

Posting Komentar

Komunitas Blog Kampung Media

http://www.youtube.com/watch?v=vG8vV27O8mI. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers