Senin, 07 Mei 2012

Hari Pertama UN SD Berjalan Lancar


Sejak jam 06.00 pagi Kamahar dan beberapa kepala sekolah sudah berada di UPTD (Unit pelaksana Teknis Dinas Pendidikan) kecamatan Mataram dan Selaparang. UPTD merupakan tempat menitipkan naskah soal dan lembar jawaban untuk masing-masing kecamatan. Hari ini Senin, 7 Mei 2012 merupakan hari pertama pelaksanaan ujian nasional tingkat sekolah dasar.
Sementara itu siswa sejak pagi-pagi benar sudah tiba disekolah. Seluruh perlengkapan, seperti alat tulis dan kartu ujian sudah dipegang masing-masing siswa, beberapa sekolah sengaja menyimpan alat tulis dan kartu ujian disekolah, pagi sebelum masuk diambil dan diantar seusai ujian. Saat ditanya kesiapan mereka, Bagus salah satu siswa SDN 42 Ampenan mengatakan “Insya Allah sudah siap”. Jadwal pelaksanaan ujian nasional tahun ini dimulai dengan bahasa indonesia dihari pertama, kemudian matematika dan hari terakhir IPA.
Pemberitaan mengenai kebocoran soal, dan kasus-kasus lain yang berkaitan dengan pelaksanaan ujian baik di tingkat SLTA maupun SLTP mungkin menyebabkan pengawas ujian diharuskan mengisi pakta integritas. Seperti dikatakan Masruni, “kami mengisi pakta integritas yang berada dalam paket ujian nasional”. Saat ditanya tentang isi pakta integritas, taat terhadap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, bertanggungjawab terhadap kesalahan, kecurangan saat berlangsungnnya ujian dan melaksanakan tugas dengan jujur, transparan, bermartabat dan anti korupsi. Pada lembar jawaban komputer LJK siswa diminta menulis kalimat "saya mengerjakan ujian dengan jujur"
Ujian hari ini pertama berjalan lancar seperti terlihat dibeberapa sekolah yang ada di kecamatan Mataram. Hampir tidak ditemui kendala seperti kekurangan soal, salah pengiriman naskah soal dan lain-lain, hanya ada 1 soal yang sedikit kabur yang merupakan kesalahan dari percetakan.



0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Kampung Media

http://www.youtube.com/watch?v=vG8vV27O8mI. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers