Selasa, 08 Mei 2012

Planet Water


Saat memasuki SDN 46 Ampenan yang berlokasi di Lingkungan Petemon Kelurahan Pagutan Timur, saya tertarik melihat tower yang ada di sekolah tersebut. Tower yang di berisi dua buah tabung penampung air, sebuah kotak filter air dan beberapa kran bertuliskan planet water.
Kamahar selaku kepala sekolah menjelaskan bahwa bahwa tower yang disebut dengan planet water merupakan bantuan luar negeri melalui J.P Morgan dan kerjasama Jalan Sesama. Planet Water yang baru tiga minggu digunakan sangat bermanfaat untuk warga sekolah dan masyarakat sekitar. airnya langsung bisa diminum lanjut Kamahar. Kami mempunyai fasilitas air bersih dan sehat yang sangat bermanfaat bagi kami dan masyarakat sekitar imbuhnya.
Cara kerja alat ini hampir sama dengan tempat-tempat pengisian air minum yang banyak kita jumpai. Air dari sumber air (sumur) dibawa ke tanki penampungan dan diteruskan ke filter dan dimasukkan lagi ke tanki lainnya, seperti yang diceritakan Mus, salah seorang guru yang ditugasi merawat planet water tersebut. Saya harus memeriksa dan merawat filter air ini sesuai dengan prosedur yang didapat dan cara perawatan seperti pada manual yang ada di kotak filter tersbut.
Saat ditanya apakah semuanya merupakan bantuan, Kamahar lebih lanjut menyatakan kalau pihak sekolah menyiapkan pondasi, tanki, dan instalasi saluran air dari sumbernya. Sedangkan pihak J.P Morgan membangun tower, filter air, dan instalasi lainnya.
Selain dapat digunakan untuk minum warga sekolah masyarakat juga diperbolehkan mengambil air. Seperti dikatakan Isah warga tetangga sekolah, saya mengambil air tiap pagi sekitar tiga sampai lima botol setiap harinya, untung ada air bersih disini saya tidak perlu membeli. Tempat ini juga dipergunakan untuk mencuci tangan, praktik gosok gigi, dan lainnya.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

mohin dicantumkan nama penulisnya

Posting Komentar

Komunitas Blog Kampung Media

http://www.youtube.com/watch?v=vG8vV27O8mI. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers