Sabtu, 19 Oktober 2013

Pemberian Obat Cacing Siswa

Kamis (17/10) Petugas puskesmas Karangpule berkunjung ke SDN 42 Ampenan yang berada di wilayah Kelurahan Pagutan Kota Mataram. Kedatangan petugas tersebut berkaitan dengan pemberian obat cacing secara masal bagi seluruh siswa SD yang berada di kota Mataram. Sebelum minum para siswa sebelumnya telah mempersiapkan diri membawa masing-masing 1 botol air.
Menurut Munawir petugas puskesmas Karangpule. Pemberian obat cacing diberikan setelah mengadakan survey beberapa saat lalu. Menurut hasil survey yang ada sekitar 24% siswa SD cacingan. Sebelumnya diberi pengarahan berkaitan dengan menjaga kesehatan, bagaimana telur cacing masuk ke dalam tubuh, dan larang  bagi yang sedang sakit untuk minum obat cacing tersebut. Obat cacing ini rasanya manis sehingga anak-anak tidak takut untuk minum obat yang biasanya pahit. Ditambahkan pula pentingnya mencuci tangan dan memotog kuku tangan dan kaki. Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sangat diperlukan sebagai upaya memelihara kesehatan
Cacingan bisa mengakitkan badan kurus namun perutnya agak buncit maka sebenarnya wajib minum obat cacing karena ciri-ciri orang yang cacingan adalah berbadan kurus dan perutnya buncit karena hal ini disebabkan nutrisi makanan diserap cacing yang ada di dalam perut sehingga tetap kurus dan karena jumlah cacing yang semakin banyak maka perut akan menjadi buncit.
Sementara  dari pihak sekolah, seperti dikatakan Johariah, S.Pd kepala sekolah SDN 42 Ampenan, kami telah menyediakan baskom air ditiap kelas, dan kran air untuk mencuci tangan. Sosialisasi kebersihan badan sering disampaikan para guru seperti kebersihan kuku dan gigi. Pemeriksaan kuku setiap minggu dilaksanakan, lanjut kepala sekolah tersebut.

Saat ditanya program puskesmas Karang pule di sekolah, Munawir mengatakan, “ada beberapa program puskesmas yang masuk kesekolah berupa penjaringan kesehatan (pemeriksaan fisik / penimbangan berat badan), pembinaan UKS, pelatihan dokter kecil, dan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah.

1 komentar:

Ahyar ros mengatakan...

Mantap KM. Portal wajah lama....

Posting Komentar

Komunitas Blog Kampung Media

http://www.youtube.com/watch?v=vG8vV27O8mI. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers