Kamis, 15 Agustus 2013

Pesiar Lebaran Topat


Kamis  pagi (15/08) masyarakat yang ada di kota Mataram terlihat mulai sibuk, berbagi persiapan terlihat sudah disiapkan, mulai dari perbekalan untuk makan sampai dengan pakaian yang akan digunakan serta berbagai keperluan lainnya. Hari kamis tahun ini bertepatan dengan perayaan lebaran topat bagi masyarakat. Zohri salah satu warga yang ada di kelurahan Pagutan Mataram, satu hari sebelumnya, dia terlihat sudah meminta istrinya membeli janur untuk mmebuat ketupat dan ayam sebagai lauknya. “saya akan ke taman narmada kali ini, jawabnya saat ditanya hendak kemana lebaran topat.

Lebaran topat memang digunakan oleh masyarakat untuk pesiat ke lokasi-lokasi wisata. Beberapa lokasi niaga terlihat sepi, beberapa toko tutup, sebagaian pegawai swasta juga meliburkan diri untuk pergi wisata lebaran topat. Nampak juga PNS yang menggunakan kesempatan ini. Mereka hanya masuk setengah hari, kemudian pergi ke lokasi wisata.

Ruas jalan yang ada di lingkar selatan kota Mataram yang merupakan jalur untuk ke lokasi wisata pantai sangat padat. Jalur ini memang sangat bagus digunakan, muali dari sebelah timur di perempatan Dasan Cermen menuju ke barat sampai dengan Pantai Ampenan, kalaupun ingin melanjutkan ke senggigi tinggal menruskan ke utara. Demikian juga dengan alat transport yang digunakan, walau didominasi oleh sepeda motor, berbagai alat angkutan lain juga dipakai untuk pergi ke lokasi wisata, pick up, minibus, sampai dengan truk juga dipakai.

Kesempatan ini digunakan oleh para pedagang untuk meraup rupiah. Pedagang makanan ringan, cilok, bakso, dan es terlihat paling banyak disukai. Walau membawa perbekalan, masyarakat terutama anak-anak paling menyukai makanan tersebut.
Kota Mataram sejak pagi hari diselimuti awan dan siang hari turun hujan. Dengan kondisi tersebut tidak menyurutkan masyarakat untuk datang ke lokasi-lokasi wisata. Polisi dan Pihak perhubungan juga terlihat sibuk mengatur lalu lintas yang dilalui.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Kampung Media

http://www.youtube.com/watch?v=vG8vV27O8mI. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers