Jumat, 09 Agustus 2013

Waspada Rumah Ditinggal Mudik


Tradisi mudik bagi masyarakat menjelang lebaran merupakan hal rutin dilakukan. Hal ini disebabkan berbagai alasan, entah karena rindu kampung, rindu orangtua, sampai dengan karena tidak ada teman di kost. Mudik menyebabkan beberapa rumah nampak lengang terutama di perumahan. Mereka meninggalkan rumah dengan membawa perabotan yang mesti dibawa, sementara masih banyak yang tidak bisa dibawa.

Situasi ini sering dimanfaatkan oleh tangan-tangan jahil, spesialis pencuri rumah kosong bereaksi. Menurut Umar kepala lingkungan perimahan Griya Indah Pagutan Mataram, sebagian masyarakat disini memang berasal dari berbagai daerah baik diseputar lombok maupun diluar provinsi NTB. Dan sebagian besar meninggalkan rumah mereka tanpa ada yang menunggu. Kalaupun ada pencurian itu baru bisa kita ketahui setelah pemilik rumah kembai ke rumah mereka, lanjut pak Umar.

Modus pencurian sekarang ini menurut beberapa informasi yang datang dari penjaga malam dibeberapa tempat di perumahan, pencuri datang saat siang hari melalui pintu belakang, jadi nampak dari depan tidak terjadi apa-apa. Karena saat malam hari, penjaga malam berkeliling memeriksa rumah-rumah yang ada.

Ada beberapa tip saat meninggalkan rumah kosong untuk beberapa hari, sampaikan kepada tetangga terdekat akan kepulangan anda, matikan listrik untuk perabotan yang tidak penting untuk mencegah kebakaran, gas dicopot dari tabung, motor atau mobil hendaknya disimpan dikantor maupun tetangga, kalau mau lebih canggih gunakan cctv yang tersambung ke ponsel anda.  Namun ada yang membuat tulisan didepan rumah mereka, seperti hati-hati anjing galak, rumah ini dijual, atau rumah ini disita, boleh juga yang satu ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Kampung Media

http://www.youtube.com/watch?v=vG8vV27O8mI. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers