Senin, 16 Agustus 2010

SERBA SERBI RAMADHAN


TRADISI BUKA BERSAMA DI MASJID

Ada pemandangan lain yang bisa di lihat selama bulan puasa sekarang ini, yang biasanya tidak pernah terlihat pada bulan-bulan selain bulan Ramadhan yaitu Buka puasa bersama yang setiap hari kita lihat di Masjid-masjid. Tradisi yang secara turun temurun yang terus di lakukan.
Tidak hanya di beberapa masjid saja buka bersama dilakukan tetapi di masjid-masjid yang tersebar di seluruh Indonesiapun mengadakan buka puasa bersama setiap harinya untuk para jemaah masjid yang ada di lingkungan masjid tersebut. Tradisi ini sudah biasa dilakukan. Walaupun menu buka puasa yang disediakan sederhana tetapi tidak mengurangi warga untuk berbuka di Masjid.
Hal ini pun yang terjadi di Masjid Pusaka Al-Hamidy Pagutan. Banyak warga yang ikut serta untuk berbuka bersama, selain warga banyak juga pendatang atau warga daerah yang lain yang mampir untuk berbuka bersama. Sejumlah warga ini memilih berbuka puasa di masjid agar ibadah semakin bertambah apalagi, berbuka puasa di masjid juga dinilai lebih nikmat karena beramai ramai.
Menu buka puasa yang disediakan berasal dari warga sekitar masjid Pusaka Al-Hamidy. Menurut beberapa warga yang dimintai keterangan oleh tim penulis Blog mengatakan Buka puasa di masjid akan lebih nikmat dilakukan karena dilakukan bersama, artinya kebersamaan warga semakin terjalin, menu sederhana yang disiapkan pun akan terasa istimewa karena di santap beramai-ramai, selain itu juga kita bisa langsung beribadah di masjid. jadi pahala yang di dapat juga akan di lebihkan oleh Allah. Lanjut lagi narasumber mengatakan menu buka puasa juga kan berasal dari warga yang di sediakan untuk warga pula. Jadi buka puasa di rumah ataupun di masjid sama saja. tetapi lebihnya disini adalah selain untuk beribadah kita juga bisa mempererat hubungan silaturahiim antar warga," lanjutnya lagi sambil berlalu pergi.
Memang bulan puasa bulan yang penuh berkah bagi seluruh umat muslim yang ikhlas menjalankannya. ( Youz, Portal )

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Kampung Media

http://www.youtube.com/watch?v=vG8vV27O8mI. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers