Selasa, 17 Agustus 2010

TENTANG KEMERDEKAAN

Hari ini kita merayakan hari kemerdekaan Republik indonesia bertepatan dengan tanggal 17 Agustus 2010 yang jatuh pada hari selasa. Seluruh sekolah, kantor-kantor, instansi pemerintahan bahkan di lapangan istana merdeka pun melakukan upacara pengibaran bendera untuk memperingati hari kemerdekaan dan mengenang jasa para pahlawan. Tidak hanya anak sekolah bahkan para pejabat pun turut serta dalam upacara bendera.

Peringatan hari kemerdekaan tidak hanya dilakukan dengan upacara bendera tetapi juga dapat dilakukan dengan kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat yang bisa mengharumkan nama baik Indonesia.

Tetapi apakah kita sudah merdeka?? Pertanyaan ini yang terus jadi pertanyaan tanpa ada yang mampu menjawabnya dengan pasti. Pernyataan bahwa kita merdeka memang telah terjadi sekitar 65 tahun lalu ketika proklamasi dibacakan oleh presiden pertama yaitu Bung Karno. Tetapi realita yang terjadi sekarang kemerdekaan tak seperlunya terjadi. Bangsa Indonesia belum terbebas dari kemiskinan, tingkat pengangguran yang semakin meningkat, pertikaian antar kelompok bahkan antar suku pun masih terjadi, aksi demo dengan kekerasan pun masih kerap kita lihat belakangan ini. Lalu apa sebenarnya arti kemerdekaan yang sebenarnya????

Menurut beberapa orang yang di tanya perihal kemerdekaan mengatakan, Merdeka artinya kebebasan dalam segala hal, dalam melakukan sesuatu yang positif. Yang lainpun punya pendapat berbeda, merdeka ialah kebebasan yang bertanggung jawab begitu juga terbebas dari hawa nafsu yang terkadang membelenggu jiwa. Jadi kemerdekaan itu bukan hanya merdeka dari penjajah saja,tapi yang lebih mendasar yaitu kebebasan lahir dan batin. Kemerdekaan yang kita rayakan sekarang bertepatan dengan bulan Ramadhan. Bulan dimana semua umat muslim menjalankan ibadah puasa. Di bulan Ramadhan ini sebenarnya kita mempunyai kesempatan merenungkan kembali arti kemerdekaan dengan hakekat yang sesungguhnya. Berpuasa di bulan ramadhan melatih kita atas kedisiplinan dan kejujuran jiwa yang dapat menggugah kita dalam mengisi kemerdekaan ini.

Sangat tepat jika bulan Ramadhan kita katakan sebagai jembatan untuk kembali meraih dan membangun nilai-nilai spiritual dalam diri kita semua yang berguna untuk pembangunan bangsa ini. Kita sebagai manusia yang beriman mempunyai kewajiban untuk menyampaikan kebenaran kepada makhluk lainnya yang dianugerahkan dari Penciptanya. Karena itu, setiap manusia harus berani mempertahankan prinsip dan tanggungjawabnya secara individual. Kita sebagai makhluk sempurna yang mempunyai hak dan kewajiban harus secara bersama-sama memperkokoh norma-norma sosial kemasyarakatan dalam rangka mengisi kemerdekaan yang telah digariskan oleh ALLAH SWT. Penolakan atas kenyataan demikian sama saja dengan menolak ketentuan yang telah dilimpahkan ALLAH SWT kepada kita sebagai amanat. (http://diankusuma.net84.net)

Kemerdekaan yang di peroleh oleh bangsa Indonesia sekarang merupakan nikmat terbesar yang diberikan Allah SWT. Nikmat kebebasan dari segala penjajahan dari bangsa-bangsa asing. Nikmat kebebasan yang patut di syukuri oleh seluruh rakyat Indonesia.

Dalam sebuah surat di dalam Alqur’an Allah SWT berfirman :

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni'mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni'mat-Ku),
maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS Ibrahim ayat 7)

Dari potongan arti ayat tersebut bisa kita simpulkan, kemerdekaan yang kita peroleh sekarang ini adalah nikmat yang harus kita syukuri. Dengan mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan yang dapat mempertebal rasa nasionalisme yang tidak terlepas dari norma-norma termasuk norma agama yang harus kita jalankan yang sesuai dengan ajaran agama yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.

Semoga kemerdekaan yang kita rayakan di bulan ramadhan tahun ini, kita semua rakyat indonesia dapat memahami arti kemerdekaan yang sebenarnya sehingga bangsa Indonesia dapat kembali membina persatuan dan kesatuan yang tetap dan terus di tegakkan agar ukhuwah dapat terjalin sehingga perpecahan maupun perseteruan yang terjadi dapat dihindari dan tercipta suasana yang aman di seluruh wilayah Indonesia. Amiiin......!!!!! ( V-th@, dari berbagai sumber )

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Kampung Media

http://www.youtube.com/watch?v=vG8vV27O8mI. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers