Rabu, 15 Mei 2013

Dongkrak Pemilih dengan Doorprize



Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi NTTB tahun 2013 yang berlangsung senin (13/05) berjalan dengan lancar  hampir diseluruh TPS yang ada di kecamatan Mataram.  Terlihat dari hampir seluruh TPS yang ditemui tidak dijumpai antrian yang panjang, masyarakat hanya menunggu diregister lalu memberikan pilihannya di bilik suara.

Hal ini disebabkan karena warga yang tidak menyampaikan aspirasinya cukup banyak, rata-rata hanya berkisar 60 sampai 70% tiap TPS yang dijumpai di kelurahan Pagutan. Saat ditanya kenapa bisa seperti itu?, Salah satu Ketua KPPS mengatakan, Kalau pemilih di TPS banyak yang ke Lotim ikut pemilihan bupati. Padahal beberapa kali kepala lingkungan menyerukan kepada warga untuk memberikan pilihannya di TPS yang ada.

Ada TPS yang mengadakan doorprize untuk mendongkrak partisipasi pemilih, TPS 3 untuk Lingkungan Presak Timur Pagutan Kecamatan Mataram misalnya, mereka menyediakan doorprize berupa berbagai kebutuhan rumah tangga dan mainan anak-anak. Kamaruddin selaku ketua KPPS mengatakan, saya tidak ambil honor, semuanya dibelikan hadiah untuk pemilih. Kami ingin dengan acara seperti ini bisa menarik masyarakat datang ke TPS, lanjutnya. Nampak berjajar hadiah yang sudah dibungkus diatas meja berupa sabun cuci, sabun mandi, shampoo, buku tulis dan lain-lain.

Doorprize dibagikan saat penghitungan suara, sebelum mulai penghitungan undian dicabut langsung oleh pemilih baik untuk kotak pemilih laki-laki maupun kotak untuk perempuan. Masyarakat terlihat antusias menyaksikan acara penghitungan yang diselingi dengan pembagian doorprize. Ayu nampak menunggu hadiah doorprize, namun sayang dia tidak dapat mewakili orangtuanya mengambil hadiah, karena hadiah langsung diambil oleh pemilih yang ada di TPS.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Kampung Media

http://www.youtube.com/watch?v=vG8vV27O8mI. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers