Rabu, 02 Juni 2010

SERIAL REMBUK WARGA DI ADAKAN LAGI

Rembuk Warga kembali diadakan oleh Koordinator lingkungan yang di lembagai oleh SOMASI. Rembuk warga ini dilaksanakan pada hari selasa (01/06) sekitar pukul 16.00 wita bertempat di Aula kelurahan Pagutan. Sekitar 50 warga di undang untuk ikut serta dalam acara ini. 50 warga yang di undang berasal dari lima lingkungan yang ada di kelurahan pagutan.
Permasalahan yang diungkap dalam pertemuan rembuk warga ini adalah masalah saluran kali yang mulai meresahkan masyarakat karena banyaknya sampah dan keluarnya bau yang tak sedap dari saluran kali tersebut. Yang bertindak sebagai narasumber adalah Rustam Efendi yang dibantu oleh salah satu wakil dari SOMASI.
Adapun yang di uraikan oleh Rustam dalam pertemuan tersebut seperti yang di kutip tim portal mengatakan bahwa yang menjadi pokok permasalahan yang terjadi di lima lingkungan sekarang ini adalah keadaan saluran kali yang semakin memprihatinkan. Banyak keluhan warga yang kita dengar seputar permasalahan ini. Tidak hanya sekedar masalah saluran kali yang mampet akibat banyak sampah tetapi juga masalah bau yang di keluarkan oleh saluran tersebut yang membuat masyarakat mulai merasa tidak nyaman karena bau yang tak sedap. Untuk itulah diadakan rembuk warga yang tujuannya , bahwa pertemuan ini untuk rembuk warga dan mencari solusi tentang keadaan kali yang ada di tiap lingkungan dengan kondisi yang sangat memperhatinkan dan bagaimana menyadarkan masyarakat agar lebih peduli akan penting nya menjaga kebersihan saluran.

Dalam hal ini di harapkan kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama mencari solusi tentang bagaimana pemeliharan saluran kali kita yang ada. Yang perlu dipikirkan sekarang adalah bagaimana merubah pola pikir masyarakat untuk sadar dan peduli terhadap lingkungan sekitar. Bagaimana saluran kali yang ada sekarang bisa normal, dalam hal ini saluran yang bersih bebas dari sampah.

Yang tak terpisahkan dari masalah ini adalah Bagaimana cara menata lingkungan yang bersih dan sehat sehingga masalah saluran kali ini tidak terjadi lagi paling tidak bisa kita atasi secara bersama-sama.

selain Pak Rustam, nara sumber yang lain yaitu Dr. H. Muhammad Ali juga mengatakan bahwa Banyak hal yang bisa di ungkap dan di bahas dalam rembuk warga yang kita lakukan ini, diantaranya adalah :

· - Siapa yang punya kepentingan dalam hal ini : Seluruh lapisan masyarakat mempunyai kepentingan yang sama dalam masalah ini. Karena masalah saluran ini tidak hanya masalah satu pihak saja tetapi masalah yang harus diselesaikan secara bersama-sama guna untuk kepentingan dan kepuasan yang sama pula dalam hal kebersihan lingkungan termasuk dalam hal ini adalah kebersihan saluran kali yang banyak sekali di buangi sampah.

· - Siapa yang punya pengaruh terhadap lingkungan : Untuk mengajak warga agar lebih peduli terhadap lingkungan diharapkan partisipasi yang lebih aktif dari orang-orang yang punya pengaruh lebih terhadap lingkungan. Semisal Ketua RT yang mengajak warga RT-nya untuk bersama-sama membersihkan lingkungan RT nya

· - Bagaimana bisa menggerakak kan masa: Adanya cara yang lebih menarik untuk bisa menggerakkan masa agar lebih peduli terhadap lingkungan tempat tinggalnya.

· - Bagaiamana kepedulian warga terhadap lingkungan yang terkait masalah saluran: Sejauh yang kita perhatikan selama ini, masalah saluran kali belum terlalu banyak yang peduli. Buktinya ketika dilihat sampah semakin menumpuk di kali, masih ada saja warga yang tetap membuang sampah di kali tersebut.

Usulan pun banyak dilontarkan oleh peserta yang hadir yang mengatakan Untuk sekarang hal yang mungkin bisa kita lakukan adalah :

· - Kerjasama untuk tidak membuang sampah di saluran kali yang ada

· - Menormalisasi kali menjadi kali yang bersih tidak di gunakan untuk membuang sampah ataupun membuang hajat orang banyak karena sudah disediakan MCK umum bagi warga

· -Kalau masayarakt dilarang membuang sampah di saluran kali alternatif yang bisa di lakukan adalah membuat tong sampah bersama atau paling tidak memanfaatkan mesin pencacah seperti yang dilakukan di lingkungan karang buaya.

Untuk melakukan dan merealisasikan semua usulan maupun pendapat dari warga, sebaiknya ada kesepakatan warga yang nantinya akan dibantu sepenuhnya oleh Somasi.

Hal yang sekarang perlu dilakukan adalah :

· Warga pagutan siap untuk menormalkan kali yang ada agar lebih bersih dan bebas dari sampah

· Tidak hanya masalah saluran kali yang menjadi topik rembuk warga yang diadakan melainkan masalah lingkungan yang meliputi tentang social masyarakat, ekonomi dll, yang nantinya akan di bantu oleh Tim dari Somasi.

Usulan

- Dalam hal ini, sebaiknya rembuk warga yang dilakukan tidak hanya melibatkan masyarakat secara umum tetapi di hadirkan pula para kepala lingkungan dan aparat yang terkait supaya bis sejalan dalam hal penyelesaian permasalahan yang dihadapi.

- Melihat Masalah yang banyak dihadapi, apakah dengan adanya rembuk warga ini akan bisa di datangkan instansi terkait dan permasalan ini bisa di ketahui dan disampaikan kepada pihak pemerintah agar pihak pemerintah pun ikut serta dalam mengatasi masalah lingkungan yang ada sehingga ada tindak lanjut dari hasil rembuk warga yang kita lakukan sekarang ini.

dari pertemuan rembuk warga ini, Banyak kesimpulan yang bisa di ambil yaitu :

- Mempersiapkan warga untuk sadar lingkungan sehingga tidak membuang sampah pada saluran kali sehingga saluran kali yang tadinya banyak sampah bias di normalkan kembali menjadi saluran yang bersih dan bebas dari sampah.

- Adanya kerjasama yang berkesinambungan antara masyarakat, para kepala lingkungan dan aparat terkait untuk bersama-sama menyelesaikan permasalahan yang ada.

- Adanya kerjasama dari instansi terkait yang peduli masalah di tiap-tiap lingkungan masyarakat agar bisa disampaikan kepada pihak pemerintah sehingga pemerintah ikut serta dalam penanganan masalah yang ada

- Bersama-sama untuk sadar akan pentingnya lingkungan yang bersih dan membuat pola hidup sehat mulai dari sekarang karena semua yang kita lakukan adalah dari kita dan untuk kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Kampung Media

http://www.youtube.com/watch?v=vG8vV27O8mI. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers