Senin, 06 Agustus 2012

Belajar Iktikaf

PORTAL_Mataram. I’tikaf secara bahasa berarti menetap pada sesuatu. Sedangkan secara syar’i, i’tikaf berarti menetap di masjid dengan tata cara yang khusus disertai dengan niat. 

Rencana pelaksanaan Iktikaf di Masjid Al-Hamidy seperti yang diserukan penghulu Masjid Pusaka Al-Hamidy 6 Agsutus 2012. Iktikaf ini diikuti oleh sekitar tiga puluhan laki-laki dan dua orang wanita.

Pelaksanaan iktikaf ini dimulai jam 02.30 wita. Diawali dengan sholat sunat wudhu dan sholat sholat tahiyatul masjid kemudian berniat melaksanakan iktikaf dan dilanjutkan dengan sholat-sholat malam seperti sholat sunat tasbih, istikharah, dan sholat tahajud. Pelaksanaan iktikaf ini terlihat sangat khusuk dan berjalan dengan lancar. Iktikaf berkahir sekitar pukul 03.40 wita.

Seperti yang disampaikan H. Saiful Abdi selaku koordinator, kita melaksanakan iktikaf ini berjamaah dalam rangka belajar dan sosialisasi. Waktu i’tikaf yang lebih afdhol adalah di akhir-akhir ramadhan (10 hari terakhir bulan Ramadhan) sebagaimana hadits ‘Aisyah, ia berkata,
 Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf pada sepuluh hari yang akhir dari Ramadhan hingga wafatnya kemudian isteri-isteri beliau pun beri’tikaf setelah kepergian beliau
Mudah-mudahan apa yang kita laksanakan ini menambah ketaqwaan kita, dan semoga ini menjadi awal yang baik untuk dapat kita laksanakan pada hari-hari berikutnya baik secara sendiri-sendiri maupun berjamaah, lanjutnya.



0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Kampung Media

http://www.youtube.com/watch?v=vG8vV27O8mI. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers