Selasa, 28 Desember 2010

PERLUKAH REMBUG WARGA LAGI???

Permasalahan yang terjadi di Kelurahan Pagutan terutama di Lingkungan Presak Timur Pagutan tidak hanya masalah sampah dan kebersihan lingkungan. Masalah sampah sudah di pikirkan bahkan sudah dua kali mengadakan rembug warga untuk membahas penyelesaian masalah sampah dan kebersihan lingkungan ini. Namun sampai sekarang untuk tindak lanjut dari penyelesaian sampah dan kebersihan lingkungan tak kunjung selesai. Ini disebabkan juga karena motor pengangkut sampah yang tadinya mengangkut sampah warga tak lagi beroperasi sehingga warga pun kembali membuang sampah di kali atau sungai-suangai yang ada di lingkungan Presak Timur Pagutan. Karena tidak ada lagi tempat pembuangan sampah selain sungai.

Belum selesai masalah sampah dan kebersihan lingkungan, muncul lagi masalah baru, banyaknya kandang hewan di dalam kampong yang mulai meresahkan warga. Kandang hewan salah satunya kandang kuda yang ada di RT 02 Presak Timur Pagutan mulai memberikan ketidak nyamanan kepada warga, terutama warga yang menjadi tetangga yang punya kandang.

Hal ini pun di keluhkan sebagian warga. Apalagi sekarang musim hujan yang rentan dengan datangnya berbagai penyakit. Setiap hari setelah selesai hujan turun, pasti bau dari kandang kuda mulai menyengat. Baunya yang sangat tidak enak bahkan membuat salah satu warga yang mencium bau kandang kuda sampai muntah, bahkan satu keluarga yang menjadi tetangga yang punya kandang kuda pun jatuh sakit.

Masalah ini tidak bias di anggap remeh begitu saja. Perlu adanya penaganan yang serius dari pihak-pihak yang terkait, terutama Ketua RT dan warga yang harus bersama-sama untuk memecahkan masalah yang satu ini. Karena sampai sekarang, kita tidak tahu siapa yang bertanggung jawab atas penertiban kandang hewan yang ada di dalam Kampung terutama yang ada di lingkungan Presak Timur Pagutan.

Untuk itu perlu adanya partisipasi seluruh pihak yang terkait dan seluruh warga untuk bersama-sama membahas masalah ini. Menemukan penyelesaiannya sehingga masalah ini tidak menjadi masalah yang berlarut-larut. Warga perlu di beri pengarahan terutama warga yang punya kandang hewan agar warga mengerti dan paham artinya kebersihan tidak hanya kebersihan linkungan yang mencakup keseluruhan tetapi kebersihan rumah dan diri sendiri pun perlu di perhatikan agar tercipta suasana bersih sehingga dapat terhindar dari berbagai serangan penyakit di musim yang tak menentu seperti sekarang ini.

Melihat permasalaha ini lebih jauh, perlukah rembug warga lagi???? Masih banyak PR yang harus di pikirkan dan di selesaikan tidak hanya bagi seluruh warga lingkungan Presak Timur tetapi Pihak-pihak yang terkait seperti para Ketua RT dan pihak dari kelurahan Pagutan sendiri.(Tanty)


0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Kampung Media

http://www.youtube.com/watch?v=vG8vV27O8mI. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers