Minggu, 12 Desember 2010

What am i going to do????


what am I going to do?
but I can't do anything
what am I going to do?
but I can't do anything

Sambil pulang sekolah beberapa anak mendendangkan lagu tersebut. Lagu yang cukup populer dikalangan anak-anak yang didendangkan oleh Sule, komedian yang lagi naik daun. Entah kalimat yang terucap benar atau salah, intonasi yang ala kadarnya, anak-anak tersebut terus berjalan sambil berdendang.

Itulah Bahasa inggris dimata anak-anak yang lebih suka bernyanyi dari pada belajar sungguhan apa sebenarnya bahasa inggris itu. Inilah dasar yang di jadikan acuan oleh beberapa sekolah yang masih perihatin dengan minimnya minat belajar bahasa inggris di kalangan anak-anak, terutama anak-anak di lingkungan pagutan, Pagutan barat dan Pagutan Timur sehingga mencoba untuk mmengadakan kegiatan yang bertemakan bahasa inggris

Baru-baru ini tepatnya Sabtu 27 nopember 2010, bertempat di SD Negeri 42 Ampenan diselenggarakan lomba baca puisi dan pidato dalam bahasa inggris, lomba ini diikuti 15 SD yang menurunkan masing-masing 1 orang untuk tiap lomba.

Dengan semangat yang cukup, mereka membaca dan sedikit-sedikit mencoba menghafal tiap bait puisi atau pidato sambil menunjukkan ekspresi. Guru pembimbing terus memberikan arahan walau dalam berapa menit pelaksanaan lomba.

Teknikal meeting yang dilaksanakan 1 hari sebelum lomba, juri yang dipilih berasal dari fasilitator rintisan bhs inggris yang dianggap independen dalam menilai kontestan. dengan memberikan penjelasan tentag jenis dan bentuk penilain, penilaian terdiri dari pronounciation, expression, fluency, dan performance.

Dalam sambutan ketua gugus ii bhs ingris ampenan, H. Suksesuddin menyatakan “anak-anak harus diberi ruang untuk berekspresi dan termotivasi dalam belajar bahasa inggris, yang kalah jangan merasa minder, demikian juga yang menang jangan cepat puas”.

Bahan pidato disediakan oleh panitia, guru dan siswa dapat memilih salah satu. Satu minggu mereka diberikan waktu berlatih. Dengan berbagai cara guru pembimbing terus memberikan semangat kepada siswa mereka.

Adapun hasil dari lomba pidato, juara 1 diraih oleh Ajeng Talitha Gandari dari SDN 44 Ampenan, Zihan Ilman Fayadi dari SDN 40 Ampenan sebagai juara ke_2, dan Agyshni Rida Hijriani sebagai juara ke_3 dari SDN 20 Ampenan. Sementara juara lomba Puisi diraih oleh Alya Almira Putri dari SDN 44 Ampenan, Baiq Bunga Suciati SDN 34 Ampenan sebagai runner up, dan Ismi Wardani dari SDN 14 Ampenan sebagai juara 3. panitia memberikan juara sampai dengan harapan 3, atau masing-masing lomba ada 6 juara.

Hampir seluruh SDN se-kota mataram sekarang ini sudah memiliki guru bahasa inggris, mereka berasal dari alumni jurusan bahasa inggris atau masih dibangku kuliah. Banyak anak-anak sudah biasa mendendang lagu berbahasa inggris dengan irama lagu anak-anak. Kebanyakan dari mereka adalah guru Tidak Tetap (GTT) yang dibiaya dari BOS. Beberapa sekolah masuk dalam program Rintisan Pembelajaran Bahasa Inggris. Program ini memberikan pelatihan-pelatihan, buku-buku, dan alat peraga sebagai pendukung pembelajaran bahasa inggris di SD. Sayang gurunya kurang mendapat perhatian dalam program ini, sehingga mereka tidak harus berhenti mengajar karena mendapat pekerjaan yang lebih menjanjikan. ( Rustam Efendi )

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Kampung Media

http://www.youtube.com/watch?v=vG8vV27O8mI. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers