Rabu, 04 April 2012

TAMU Tabungan Mulud


Inovasi yang dilakukan KUD Eka Arsa Unit Usaha Simpan Pinjam USP di tahun 2012 ini cukup bagus, produk yang dilakukan adalah Tabungan Mulud TAMU. Tamu merupakan produk yang diambil dari kebiasaan masyarakat menyisihkan uangnya untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW setiap tahunnya. Sebelumnya masyarakat menabung uangnya diorang yang ditunjuk untuk diambil nanti saat bulan maulid tiba.

Peluang ini diambil oleh unit simpan pinjam dan setelah melakukan survey kecil-kecilan, produk TAMU sejak januari 2012 resmi diluncurkan. Zakiati Mubarakah selaku manajer USP mengatakan, “sejak adanya produk TAMU ini sekitar seratus masyarakat sudah masuk anggota”, produk ini hanya bisa diambil saat bulan maulid tiba dengan satuan tertentu, misalnya tabungan dus ribu, tiga ribu dan seterusnya, mereka harus menabung sesuai dengan kesepakatan penabung itu sendiri, ditambahkan oleh manager ini.

Saat ditanya jumlah uang yang dapat ditarik setiap harinya, Ayek selaku petugas lapangan berkeliling menemui nasabah baik dipasar karena lokasi bersebelahan dengan KUD atau ke rumah-rumah nasabah. “sekitar satu jutaan setiap hari uang yang saya dapat dari nasabah”, ucap Ayek. Yang paling banyak mengambil tabungan dua ribuan lanjutnya. Kalau sebulan sekitar lima belas sampai dua puluh jutaan yang saya setior ke kasir setiap hari ujarnya pula.

Sementara itu, salah seorang nasabah TAMU ibu Tatik mengatakan senang ada tempat menyimpan uang untuk bulan mulud nanti dan petugas lapangan selalu datang setiap hari. Saat ditanya berapa uang yang ditabung setiap hari, “saya nabung tiga ribu setiap hari, jawab ibu Tatik. Bagaimana dengan biaya pendidikan anaknya, anak saya juga nabung dua ribu setiap hari disekolahnya tambahnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Kampung Media

http://www.youtube.com/watch?v=vG8vV27O8mI. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers