Rabu, 24 Februari 2010


PELATIHAN JURNALISTIK KOMUNITAS KAMPUNG MEDIA SE NTB

Banyak cara yang dilakukan untuk menambah pengetahuan dan wawasan terutama di bidang teknik informatika. Ini pula yang dilakukan oleh komunitas kampung media melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi yang melakukan pelatihan tentang Web News, Jurnalistik, Tata letak media cetak dan Dasar Fotografi yang bertempat di Hotel Lombok Raya.
Pelatihan berlangsung selama 2 hari dari tanggal 22 februari sampai 23 februari 2010. Di buka senin (22/2) oleh Kepala BPIP (Balai Pelayanan Informasi dan Publik), Drs. Husni Tamrin, MM. Saat membuka pelatihan Drs Husni Tamrin mengatakan tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas dan menambah pengetahuan tentang Web. selain itu juga yang lebih penting lagi untuk menyongsong terbitnya koran kampung di setiap komunitas kampung media yang ada di NTB.
Ditambahkan lagi oleh Drs Ahmad Baharudin selaku Kepala Dinas Dishubkominfo yang mengatakan pelatihan ini diadakan untuk merespon dan mengoreksi program pemerintah, tentunya dengan cara yang baik dan sopan. Pelatihan ini juga merupakan tindak lanjut dari program kampung media pada tahun 2009 yang lalu. ini adalah kesempatan untuk belajar, karena kesempatan yang kita punya sekarang ini tidak datang dua kali," Ungkap Drs Baharudin.
Pelatihan ini diikuti oleh 20 peserta dari 10 komunitas Kampung media yang ada di NTB. Pada pelatihan ini juga diadakan kunjungan ke Telkom Flexi pada hari senin (22/2) dan kunjungan ke Lombok Post pada hari selasa (23/2). Kunjungan ke Telkom Flexi, para peserta diberikan pengetahuan tentang pengenalan internet dan jaringan-jaringan yang ada di dalamnya. Sedangkan di Lombok Post peserta diberitahukan tentang sistematika penertiban koran dari awal pembuatan sampai koran siap untuk di terbitkan. pengetahuan inilah yang akan menjadi pemikiran para peserta untuk mempersiapkan pembentukan koran kampung di daerah masing-masing.
Pelatihan di tutup pada hari selasa (23/2) oleh Drs Husni Tamrin MM. Dalam penutupan, dia berharap mudah-mudahan ilmu yang diampaikan oleh para instruktur dan kunjungan-kunjungan yang sudah dilakukan menambah wawasan kita semua dengan harapan informasi yang di peroleh dapat tersebar diseluruh wilayah yang ada di NTB dan apa yang disampaikan narasumber dapat diserap 20 sampai 30 % untuk bisa digunakan dengan baik.
Rencana kedepan yang dharapkan dari seluruh kegiatan yang dilakukan komunitas kampung media adalah menambah jumlah komunitas Kampung Media yang tersebar di seluruh NTB, meningkatkan kualitas pemahaman anggota Komunitas Kampung Media dibidang Teknologi Informasi dan strategi penyebarluasan Informasii dan mempersiapkan pengelola Komunitas Kampung Media untuk meningkatkan kualitas penyerapan dan penyebarluasan informasi, sehingga pada tahun 2013 di NTB akan terwujud kampung Belajar.
Hal penting yang disampaikan dalam penutupan pelatihan ini oleh Drs Husni Tamrin adalah menyadari akan pentingnya akses media ke masyarakat dan adanya anggaran dana dari pemerintah kepada seluruh aktivis pengelola Kampung media di NTB untuk lebih memperlancar kegiatan-kegiatan yang dilakukan demi lancarnya infpormasi yang disampaikan ke seluruh masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Kampung Media

http://www.youtube.com/watch?v=vG8vV27O8mI. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers