Sabtu, 10 Juli 2010

Peringatan Isra' Mi'raj dan Budaya Bekuris

i

Hari ini seluruh Muslim di dunia memperingati Isra' Mi'raj. tidak terkecuali peringatan yang dilakukan oleh warga Pagutan Tadi malam yaitu jumat malam (9/7) yang memperingati isra' mi'raj. Seluruh warga menyambut peringatan ini dengan mereka berbondong-bondong ke masjid untuk ikut serta mendengarkan hikmah Isra' Mi'raj dari para Tuan Guru.

Tidak hanya dari kalangan Bapak ataupun Ibu-ibu, tetapi para remaja dan remaji pun ikut serta ke Masjid bahkan anak kecilpun ikut serta untuk memeriahkan peringatan bersejarah ini yang bertempat di Masjid Pusaka Al-Hamidy.

Beberapa acara yang dilakukan adalah adanya serakalan yang disertai dengan tradisi bekuris bagi bayi-bayi yang baru lahir sampai bayi yang berumur sampai satu Tahun. Tidak hanya itu Hikmah Isra' Mi'raj pun di berikan untuk para warga yang datang ke masjid. Himkah Isra' Mi'raj ini disampaikan oleh Ustaz Habib yang menjelaskan bahwa melalui peristiwa Isra' inilah Nabi Muhammad SAW untuk pertama kalinya di perintahkan untuk melaksanakan kewajiban Shalat yang lima waktu yang merupakan ibadah utama yang di kerjakan oleh seluruh umat Islam di dunia sampai sekarang.

Ustaz Habib juga menjelaskan tentang pentingnya shalat berjamaah di masjid yang terlebih penting lagi adalah jika kita semua warga yang ada di lingkungan Presak Timur Pagutan bisa berjamaah bersama pada waktu Subuh. Sungguh luar biasa nikmat yang akan di peroleh.

Peringatan ini pun tidak lepas dari tradisi bekuris yang dilakukan oleh warga yang mempunyai bayi. Bekuris tidak hanya dilakukan ketika peringatan Maulid Nabi tetapi dilakukan juga pada peringatan-peringatan Hari besar Islam seperti Peringatan Isra' Mi'raj yang dilakukan tadi malam.

Dari peringatan isra' Mi'raj ini dapat kita ambil himah untuk selalu menjalankan perintah Allah terutama ibadah utama yaitu Shalat supaya mendapat ketentraman dan tidak lupa juga shalawat dan salam selalu kita haturkan untuk Nabi Tercinta Muhammad SAW agar kita semua mendafatkan syafaatnya di akhirat kelak.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Kampung Media

http://www.youtube.com/watch?v=vG8vV27O8mI. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers