Jumat, 12 Maret 2010


MERIAHNYA MAULID NABI MUHAMMAD SAW DI PRESAK TIMUR PAGUTAN

Banyak cara yang dilakukan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, ada dengan cara pengajian, pengadaan lomba-lomba, bahkan mengadakan Zikir Akbar yang dilakukan beberapa hari yang lalu, tepatnya jumat (26/2) di Monumen Nasional (Monas) yang di hadiri oleh presiden SBY dan wakilnya Boediono.

Itupun yang dilakukan oleh seluruh warga Presak Timur Pagutan. Maulid Nabi Muhammad SAW disambut meriah. Banyak acara yang dilakukan diantaranya adalah 1) Rangkaian peringatan Maulid tahun ini dimulai dengan petangan yaitu tanggal 12 Rabiul awal 1431 H dan Mulut Beleq (Besar) pada tanggal 29 Rabiul Awal 1431 H, 2) khusus kegiatan khitan, diadakan semeriah mungkin, anak-anak yang di khitan diarak dengan kendaraan hias.
Selain kegiatan tersebut, yang tak kalah menariknya lagi peringatan maulid ini adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh para pemuda-pemuda presak timur yaitu berzikir dan pembacaan kisah rasul selama 2 malam yang dimulai tadi malam, Kamis (12/3) dengan pembacaan kisah rasul yang di baca secara bergiliran di iringi dengan dilantunkannya puji-pujian. Mereka mengumandangkan bacaan Barzanji yang iramanya lembut membuai telinga pendengarnya.
Kegiatan ini dilakukan selain untuk memperingati hari kelahiran nabi Muhammad SAW, tetapi juga untuk terus mengingat kisah-kisah teladan yang diwariskan Nabi Muhammad kepada umatnya. Ah..., Alunan suara-suara orang berzikir itu membahana diseluruh penjuru. Senandungnya seakan melipat malam. Teduh seperti pertemuan di sebuah telaga. Anta Syamsun anta badrun......,

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Kampung Media

http://www.youtube.com/watch?v=vG8vV27O8mI. Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Followers