Kamis, 01 April 2010


TK Aisyiyah, Punya Aneka Ruang Belajar

        Kalau selama ini murid sekolah mendapat semua materi pelajaran di dalam satu kelas, tak demikian dengan cara yang diterapkan TK Aisyiyah di jalan Danau Maninjau Bumi Pagutan Permai. Disana murid TK yang justeru berpindah-pindah ruang kelas sesuai kelompok belajar mereka.

System yang di gunakan dalam pembelajaran adalah menggunakan system Area di dalam kelas. Area ini terbagi dalam kelompok-kelompok belajar seperti area baca tulis, area seni, area IPA, Area Matematika, Area bahasa, Area agama dan masih ada area belajar lainnya. Kegiata belajar-mengajar pun ada yang rutin dilakukan adapula yang khusus. Kegiatan rutin yang masuk di dalamnya adalah berdoa bersama sebelum mulai belajar, amal-amalan soleh yang dilakukan ada sarapan bersama. Dan untuk kegiatan khususnya di lakukan pada hari sabtu yaitu lebih di fokuskan pada kegiatan atau belajar agama.

Sekolah yang berdiri sekitar 13 tahun lalu tepatnya 1 juli 1996 menerapkan belajar sambil bermain. Siswa di sini di ajak belajar sambil bermain agar tidak membosankan anak,” ungkap uswatun hasanah selaku kepala sekolah.

Dari mulai berdiri tahun 1996, TK Aisyiyah ini sudah banyak mengikuti lomba-lomba. Lomba yang di ikuti tidak hanya untuk anak didik tetapi juga untuk kreatifitas guru. “Kami tidak hanya mengikuti lomba untuk anak-anak tetapi untuk guru-ruru pun kami ikutkan lomba. Ini di maksudkan untu mengembangkan kreatifitas guru yang ada di TK Aisyiyah ini, ungkap Uswatun.

Lebih dari 50 kejuaraan yang pernah di raih TK ini, diantaranya untuk tahun 2009 saja sekolah ini pernah dapat juara 2 Propinsi untuk kepala sekolah berprestasi, juara 1 Se Kota Mataram untuk sekolah sehat, Juara 1 Se Kota Mataram dalam hal lomba menghafal surat-surat pendek. Untuk kreatifitas guru pun sekolah TK ini pernah mendapat juara 1 se Kota mataram untuk guru yang brprestasi, lanjutnya lagi.

Sekolah yang semua gurunya adalah perempuan ini memulai kegiatan belajar mengajar dari jam 7.30 sampai jam 10.00. kegiatan ekstrakulikuler dilakukan setelah pulang sekolah. Ekstrakulikuler dilakukan setelah jam pulang sekolah. Hal ini dilakukan karena kalau sore kebanyakan siswa mengaji dan kami memberikan waktu untuk mereka belajar di luar,” ungkap Uswatun.

Mengenai sistem pembayaran uang sekolah, Bu uswatun menuturkan uang BP3 ditentukan oleh sekolah yang disepakati oleh semua wali murid yang kemudian di kelola oleh PCA Pagutan bagian DIKDASMEN. Siswa yang belajar di TK sebanyak 90 yang tidak hanya warga dari BTN Pagutan Permai tetapi seluruh warga yang ada di 3 kelurahan Pagutan. (Novita)


0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Kampung Media

http://www.youtube.com/watch?v=vG8vV27O8mI. Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Followers